Hubungan Faktor Iklim dengan Pertumbuhan dan Produksi Tanaman

Ahmad Sanusi Nasution

BudiDaya Hutan USU

Faktor iklim sangat menentukan pertumbuhan dan produksi tanaman. Apabila tanaman ditanam di luar daerah iklimnya, maka produktivitasnya sering kali tidak sesuai dengan yang diharapkan.Menurut Sutarno at all (1997) Studi tentang perilaku kejadian tiap organisme atau tumbuhan dalam hubungannya dengan perubahan-perubahan iklim disebut dengan fenologi. Untuk faktor iklim yang dipergunakan dalam penelitian fenologi pada umumnya adalah curah hujan hal ini adalah karena curah hujan secara langsung atau tidak langsung penting untuk pengaturan waktu dan ruang dalam pembentukan bunga dan buah pada tumbuhan tropis.

Menurut Ashari (2006) sedikitnya ada 2 unsur yang mempengaruhi hal tersebut, yaitu :

  1. Curah hujan dan distribusi hujan

  2. Tinggi tempat dari permukaan laut.

Selain unsur iklim di atas, menurut Guslim (2007) Produksi tanaman juga dipengaruhi oleh Radiasi Matahari dan Suhu.

Pertumbuhan tanaman dapat dipengaruhi dalam berbagai cara oleh lingkungan. Kondisi lingkungan yang sesuai selama pertumbuhan akan merangsang tanaman untuk berbunga dan menghasilkan benih. Kebanyakan speises tidak akan memasuki masa reproduktif jika pertumbuhan vegetatifnya belum selesai dan belum mencapai tahapan yang matang untuk berbunga, sehubungan dengan ini terdapat dua rangsangan. Yang menyebabkan perubahan itu terjadi, yaitu suhu dan panjang hari (Mugnisjah dan Setiawan, 1995).

Diwilayah dengan empat musim, pengaruh suhu berlaku ganda. Pada waktu awal pertumbuhan suhu harus cukup tinggi agar pertumbuhan tidak terhambat. Tetapi bagi kebanyakan tanaman terutama tanaman tahunan, suhu sebelum perubahan fase pertumbuhan itu terjadi sangat penting. Cekaman (stress) air yang diikuti oleh hujan sering merangsang pembungaan tanaman tahunan tropika. Faktor lain yang memicu pembungaan adalah panjang hari, atau panjang periode selama setiap 24 jam. Tanaman berhari pnjang tidak akan berbunga jika ditanam di wilayah tropika (Mugnisjah dan Setiawan,1995).

Jika bunga telah berkembang tahap berikutnya adalah menjamin sedapat mungkin agar penyerbukan berlangsung dengan baik. Cuaca pada saat penyerbukan adalah penting. Umumnya serbuk sari tidak dapat tahan hidup jika hujan lebat, dan suhu yang terlalu dapat menyebabkan penyerbukan yang jelek. Serangga terutama lebah, tidak akan bekerja dengan baik dalam kondisi cuaca yang sangat basah.

1 Curah Hujan .

Klasifikasi iklim menurut scmidth dan Fergusson ada 6 yaitu :

Tabel 1.1 Tipe Iklim menurut Schmidth dan Fergusson

No

Tipe Iklim

Jumlah bulan basah

Jumlah bulan kering

1

A-1

12

0

2

A-2

Kurang dari 12

0

3

B-1

9-10

1-2

4

B-2

7-8

2-4

5

C

5-7

4-6

6

D

2-5

6-8

Kepentingan tanaman terhadap besarnya curah hujan sudah dirasakan sejak panen. Adapun titik yang kritis adalah saat pembungaa. Apabila saat pembungaan banyak hujan turun, maka proses pembungaan akan terganggu. Tepung sari menjadi busuk dan tidak mempunyai viabilitas lagi. Kepala putik dapat busuk karena kelembaban yang tinggi. Selain itu,aktivitas serangga penyerbuk juga berkurang saat kelembaban tinggi.apabila trjadi kerusakan pada tepung sari dan kepala puti berarti penyerbukan telah gagal. Hal ini juga berarti bahwa pembuahan dan selanjutnya,panen, telah gagal dan harus menunggu tahun berikutnya (Ashari 2006)

Mungkin ini karena pengaruh adaptasi tanaman. Tidak ada jenis tanaman yang memerlukan iklim mutlak seperti pada table 1.1. Dengan kata lain, ada penyesuaian atau adaptasi tanaman terhadap lingkungannya. Untuk itu pada table 1.2 di bawah ini diperlihatkan contoh jenis tanaman bebuahan yang sesuai dengan kriteria di atas.

Tabel 1.2 Tipe iklim yang dikehendaki tanaman bebuahan

Tipe Iklim

(jumlah bulan basah)

Jumlah bulan kering

Jenis bebuahan yang sesuai

9,10-12,11,11-12,12

0

Gandaria,kapulasan,kemang,kesemek

9

8

7

6

3

0-3

0-4

4-5

Duku,durian,mundu,papaya,pisang

Rambutan

Lebih dari 4 bulan

Jambu biji,jambu monyet,nangka pepaya.

2. Tinggi Tempat dari Permukaan Laut

Tinggi tempat dari permukaan laut menentukan suhu udara dan intensitas sinar yang diterima oleh tanaman.Menurut Guslim (2007) Semakin tinggi suatu tempat, semakin rendah suhu tempat tersebut. Demikian juga intensitas matahari semakin berkurang. Suhu dan penyinaran inilah yang nantinya kan digunakan untuk menggolongkan tanaman apa yang sesuai untuk dataran tinggi atau dataran rendah.

Ketinggian tempat dari permukaan laut juga sangat menentukan pembungaan tanaman. Tanaman berbuahan yang ditanam di dataran rendah berbunga lebih awal dibandingkan dengan yang ditanam pada dataran tinggi (Ashari,2006).

3. Suhu

Suhu berpengaruh terhadap pertumbuhan vegetatif, induksi bunga, pertumbuhan dan differensiasi perbungaan (inflorescence), mekar bunga, munculnya serbuk sari, pembentukan benih dan pemasakan benih. Tanaman tropis tidak memerlukan keperluan vernalisasi sebelum rangsangan fotoperiode terhadap pembungaan menjadi efektif. Tetapi, pengaruh suhu terhaadap induksi bunga cukup kompleks dan bervariasi tergantung pada tanggap tanaman terhadap fotoperiode yang berbeda. Suhu malam yang tinggi mencegah atau memperlambat pembungaan dalam beberapa tanaman.

4. Panjang Hari

Terdapat tiga penggolongan tanaman yang lazim, yaitu tanaman berhari pendek (short day),tanaman berhari panjang (long day), dan tanaman berhari netral (day netral) (Mugnisjah dan Setiawan, 1995). Menurut Ashari (2004) respon pembungaan tanaman terhadap lamanya penyinaran berbeda. Tanaman yang digolongkan tanaman hari pendek (short day) adalah tanaman yang baru berbunga apabila periode gelap lebih lama/ panjang dari kritisnya (misalnya 12 jam). Sebaliknya, tanaman hari panjang (long day) adalah golongan tanaman yang hanya mau berbunga apabila periode gelap kurang/ dibawah dari periode kritisnya.

Pentingnya variasi panjang hari dalam menentukan waktu pembungaan nyata berkaitan dengan latitud; sebagai contoh, tanaman berhari pendek yang memiliki fotoperiode kritikal lebih dari 12 jam berbunga jauh lebih dini di latitud yang lebih tinggi daripada latitud yang rendah. Panjang hari dilaporkan berkorelasi dengan nisbah bunga jantan/ betina dalam tanaman berhari-pendek (Mugnisjah dan Setiawan,1995).

5. Radiasi Matahari

Radiasi matahari berhubungan dengan laju pertumbuhan tanaman, fotosintesis, pembukaan (reseptivitas) bunga, dan aktivitas lebah penyerbuk. Pembukaan bunga dan aktivitas lebah ditingkatkan oleh radiasi matahari yang cerah, wilayah yang sering berawan berpotensi kurang untuk produksi benih. Permukaan lahan ekuator sering menerima total radiasi yang kurang dari lahan berlatitude 10-20 mdpl (Guslim,2007).

kebun pangkas yang dilengkapi dengan paranet untuk modifikasi iklim mikro

DAFTAR PUSTAKA

Ashari,S.1998, Pengantar Biologi Reproduksi Tanaman, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

.2004, Biologi Reproduksi Tanaman Buah-Buahan Komersial, Bayu Media, Malang, Jawa Timur.

, 2006, Meningkatkan Keunggulan Bebuahan Tropis Indonesia, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Guslim,2007. Agroklimatologi,USU Press,Medan.

Hadisoesilo,S dan Kuntadi, 2007, Kearifan Tradisional Dalam Budidaya Lebah Hutan (Apis dorsata), Departemen Kehutanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehutanan dan Konservasi Alam, Bogor

Hasanuddin,A.2003, Manajemen Koloni Lebah Madu, Departemen Kehutanan, Pusat Diklat Pendidikan dan Latihan Kehutanan,Balai latihan Kehutanan, Pematang Siantar.

Mugnisjah,W.Q. dan Setiawan, A. 1995, Produksi Benih, Penerbit Bumi Aksara Jakarta, bekerjasama dengan Pusat antar Universitas-Ilmu Hayat, Institut Pertanian, Bogor.

About these ads

32 thoughts on “Hubungan Faktor Iklim dengan Pertumbuhan dan Produksi Tanaman

    • Saya ikut gembira dan ingin tambahkan “Tahukah sekalian bahwa madu ada 3 macam dan salah satu Madu-hutan (wild honey) itu secara Nutrition pengganti Antibiotik?” dan Bee Wax candle (Lilin tawon) itu pembersih udara secara nutrition?

      • Bapak John Joseph Yth.

        Yang pernah saya ketahui tidak hanya madu hutan yang mengandung antibiotika tetapi semua madu dan tentu saja dengan kadar yang berbeda. Yang saya belum pernah tahu adalah beeswax candle merupakan pembersih udara. Kalau boleh saya mohon referensi untuk hal ini. saya tinggal di Jogjakarta, Indonesia.

        Terima kasih.

        Regards,
        Soes (Ms)

  1. ASSALAMU ALAIKUM WR.WB.
    SAYA SENANG SEKALI DENGAN ARTIKEL DGN JUDUL YAITU HUB ANTARA FAKTOR IKLIM DAN PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN.ARTIKEL INI DAPAT MEMBANTU SAYA DALAM PENYAMPAIAN BAHAN AJAR SAYA KEPADA SISWA-SISWA SAYA DI SMKN 5 KENDARI KELP AGRIBISNIS DAN AGROTEKNOLOGI.SEKALI LAGI MAKASIH YAH,DAN TETAP MENULIS ARTIKEL YANG ADA HUBUNGANNYA DENGAN PERTANIAN.
    WALAIKUM SALAM WR.WB.

    • Syukur anda senang dan suka artikel IKLIM, bagi yang mengikuti dan pemenang pertandingan mendapat hadiah berijasah dari USA.
      Harap saudara baca artikel Iklim 2012 dari saudara Sanoesi Nasution ini dan kirim jawabannya kepada surat atau Email pribadi Sdr Sanoesi Nasution supaya disampaikan kepada saya atau Email ke: John.jayjay.Joseph@Gmail.com

      • Ini tahun 2014 lama sekali saya tidak diartikel sini karena terlalu sibuk dengan pesenan yang minta begitu banyak dengan waktu sangat singkat sedangkan tidak ada yang berminat membantu produksi JJJElectronics/US dari RI. Sekarang banyak dan sibuk memproduksi Water Booster sebagai pembersih pipa air rumah pipa tua yg berkarat, harganya $1000 sedangkan bila mereka menganti pipa karatan dengan pipa tembaga bisa mencapai lebih dari $5000 /serumah. Yang berminat boleh kirim ramai ramai Email ke saya.

  2. Untuk jawaban saudari Siti Meydina sudah cukup dijelaskan ole Sdr A. Sanusi Nasution di keterangannya # 3,
    (harap dibaca ) O.K
    yang perlu ditambahkan sebagai contoh Suhu yang dingin (kurang suhu di daerah US Timur khususnya musim summer hanya 3 bulan dibandingkan pada suhu daerah Amerika Barat pada saay winter) pohon kelapa tidak berhasil pembuahan karena rontoknya pembungahan sebelum terjadi proses pembuahan, jadi pohon kelapa di Amerika Barat, pohonnya tidak pernah berbuah walaupun pohonya boleh hidup. didalam ruangan Lab saya yang ada di Carpentaria sedang diusahakan suksesnya pembuahan setelah berkembang tapi suhu dan penyinarannya dicontrol dengan alat modern Botani Electronics) dan ini perlu di perkembangkan sampai generasi ketiga baru bisa dipercobaan hidup di tanah luar drp ruangan LAB. Pada tahun 2002 mudah mudahan dapat berhasil keluar buahnya pohon kelapa cebol ini yang hanya 6 feet tingginya dan dapat dinikmati rasa manisnya air kelapa tsb, dan mulai tahun ini akan dijual dipasaran benih kelapa JJ di West US, dengan harga $80.oo, sebab kami harus kembalikan loan dari bank selama 3 th yang lalu, mudah mudahan kami dapat jual hanya $30 perbenih kelapa JJ tsb Kebun Pohon Advocat di California memakai Heater raksasa yang pakai gas dan listrik untuk kipas raksasa tsb.Demikian pula 200 pohon buah Orange saya di Ocean side sangat penting Heater raksasa tsb pada musim winter karena salju yang jatuh dikembang Orange bibit A , Navel ini. Lain kali saya akan terangkan mengenai pergantian Heater raksasa ini dengan alat Botani Modern yang namanya UW type 10 yang jauh lebih murah drp Heater raksasa itu.

  3. assalmualaikum.tolong d buat lgi tentang blog pertanian yah,,,, yang menyangkut tentang iklim…

    saya mau bertanya uraikan unsur2 yg mengenai iklim dan isue mengennai iklim d indonesia,

    walaikumsalam

    • Di Indonesia musim dibagi dua, musim hujan dan musim panas(summer) itu jauh lebih mudah mengontrol pertumbuhan tanaman, dari pada dimana saya tinggal di United State mempunyai
      4 musim Summer, Fall,Winter and Spring yaitu musim panas, musim rontok/gugur, musim dingin/salju dan musim Semi.
      Pada perubahan musim kadang kadang pohon tidak dapat menyesuaikan dengan seharusnya/ lancar jadi manusia sebagai pemilik perkebunan pohon tesebut kadang2 harus membantu supaya pohon nya tidak mati untuk selamanya, pada musim gugur terjadi jatuhnya semua daun karena sangat kering dan angin yang kencang lagi hujan terhenti diganti dengan salju dikebun Lemon dan avocado saya harus dikontrol pada waktu yang tepat pada pergantian musim rontok dan musim salju bila tidak pohon akan kering putus slauran hubungan hidup dari akar ke daun untuk pembiakan buah buahan.
      Jadi banyak pemilik kebun yang luas kami memakai alat pemanas raksasa/ Heater yang ditiup dengan kipas listrik yang mendapat energi dari baterry yang di charge dengan Solar panel pada siang hari waktu ada matahari dan dibantu dengan pengairan yang diatur melalui Satelite Irigasi untuk menjalankan sprinkler sebagai pengganti hujan.
      Pada ceramah berikutnya bila ada yang tertarik / minat saya akan menerangkan pemanasan yang pada umumnya pada waktu malam dengan MW+Kipas yang jauh lebih berhasil dan manjur lagi pula lebih irit pembkuannya.

    • Tanaman EXtrame iklim seperti di USA dimana saya tanam pohon maupun tanaman rambat(bushes) seperti anggur dan strawberry karena disini ada 4 musim(musim rontok dan musim winter{dingin sekali} +panas&hujan) lain seperti di ASIA (Indonesia) umumnya hanya 2 musim yaitu musim Panas dan musim hujan, kami berusaha manusia yang mengontrol tumbuhnya tanaman rambat maupun pohon bukan iklim yang mengontrol tanaman. Pada musim winter pohon di bantu dengan Heater raksa atau di selubungi dengan rumah setengah bulan dari plastic. Keterangan yang diberi tahu di atas betul bahwa pada musim dingin sebagian tumbuhan tidak semua jenis tanaman seperti (Green-tree dan Pohon kayu putih karena didalam batangnya mengandung lemak / oil), ini semua bila tidak diatur atau dikontrol oleh alat yang dibuat manusia misalkan Kipas-UW raksasa dan selubung setengah pipa/sarung plastik yang berhektar hektar panjangnya di lapangan sawah yang luas. Keterangan lebih jelas dan PDF (buku) dapat dari saya: JohnJosephMS@yahoo.com

  4. Assalamu’alaikum.
    Tolong dong materi hubungan iklim dengan pertumbuhan vegetatif tanaman hutan (pohon)…ada nggak ya sumber yang valid…

  5. Apabila yang anda maksudkan”Hari netral” adalah hari atau musim di Indonesia yang mempunyai hanya 2 musim yaitu musim hujan dan musim panas, Jawaban ini sudah saya jelaskan tiga kali harap anda perhatikan jawaban saya yang lalu, O.K ?
    Materi yang dipakai di Lab saya di Amerika sebagian memang belum ada dipasaran kecuali yang sudah ada dikebun segala macam jeruk sampai dengan Lemon, juga di kebun Advocade.Ini anda harus melihat sendiri di Amerika secara mendetail bila anda mau contoh seperti kipas angin raksasa yang diperlengkapi dengan 10 sensor unuk meberi reaksi Switching di computer sehingga dapat mengontrol area yang umumnya hawa yang aneh belakang hari ini di California, begitu pula yang di Florida berhubungan seringnya banjir air yang tidak terduga ini diper gunakan pompa untuk mengasatkan banjir air supaya jangan terendam banjir terlalu lama, karena pompa raksasa yang dipergunakan lebih dari satu untuk area yang sangat lebar, anda tidak dapat informasi semudah anda baca disini dan nilai harganya materi yang dipakai disini itu tinggi sekali saya kuatirkan anda tidak dapat praktekan perorangan, harus melalui perusahaan yang besar dengan kekuatan finansial yang ada mutunya, jadi sebelum anda mau praktekan lebih baik anda meninjau secara pribadi di Amerika. Ini semua tidak hanya untuk ilmu pengetahuan yang anda harapkan semudah tsb, di Lab saya saja sudah habis 3 tahun dengan pengeluaran uang sebelum dijual di pasaran umum yang cukup banyak dan ini masih berjalan terus untuk alat yang lebih modern dibidang Electronics Botani penhijauan-modern. Seperti yang telah saya terangkan yang lalu pula alat ini lebih ruwet karena memakai sinar ultra violet kadang kadang Infra-red dan sinar yang baru yang warnanya hijau karena masing masing sinar mempunyai frekwensi yang tidak sama tergantung dari musim apa yang anda mau kontrol. Dengan sistim yang baru untuk tahun 2020 ini lebih ruwet tapi lebih murah untuk bidang petani dimasa depan dan secara jujur saya hanya bisa katakan disini masih rahasia anda belum bisa secara gampang menanyakan pada forum sementara ini mungkin pada tahun 2o20 yang akan datang. Jadi sementara ini saya hanya dapat berikan dasar ilmunya saja belum selengkap yang anda mimpikan.

  6. assalamualaikum pak saya mau nanya ni boleh gak..?

    pertanyaan saya bagai mana mekanisme pembungaan pada dataran rendah dapat berbunga lebih cepat pada dataran tinggi terima kasih

    • Umumnya dataran tinggi jauh lebih dingin Ikbalunja dapat diatasi dengan kipas raksa panas dari heater kuno atau modern yg disebut Microwave/UW ini hanya dipakai untuk pohon pohon tapi untuk tanaman merambat seperti anggur dan kacang atau strawberry kami di Amerika memakai Sarung/pipa setengah(radius) bulan ukuran 2 meter dari Plastik berwarna. Pada tahun ini 2012 di LAB saya sedang mengadakan Rahasia percobaan dengan pancaran tinggi Ion tanah yang sebenarnya disamakan dengan sinar Matahari buatan yaitu Ion dari tanah(tanaman) ke sinar Matahari yang asli. Ini berarti bukan arah sinar Matahari ke Tanaman tapi sebaliknya arah dari tanaman/tanah ke Matahari yang mengandung proton (pusat) itu sebabnya tanaman bertumbuh keatas mencari dimana adanya sinar Matahari. Atau rahasia waktu yang tepat menanam bila ada sinar terang bulan penuh (pantulan Matahari). Kami sedang mengadakan ujian beramai ramai pertandingan “Penemuan baru ini yang berhadiah”. Harap PDF (Diagram) saudara yang berminat dari seluruh dunia dikirim ke: John.jayjay.Joseph@Gmail.com Pemenang akan menerima ijasah:
      US ELECTRONICS HONOR ACHIEVEMENT.

  7. Here in USA when its winter time we closed the whole field with plastic or plant it inside the Green house but like grapes or strawberry we just cover it with plastic and big trees like Lemon or Avocado we use a big giant heater fan (kipas pemanas raksasa) .

  8. I just could not leave your web site prior to suggesting that
    I actually loved the standard info a person provide for your guests?
    Is gonna be back continuously in order to check up on new posts

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s