PEMBUNGAAN TANAMAN MANGGA

Tanaman mangga mempunyai toleransi tumbuh yag tinggi, baik didataran rendah maupun di dataran tinggi, dengan keadaan volume curah hujan sedikit atau banyak, tetapi untuk memperoleh produksi Mangga yang tinggi membutuhkan temperatur curah hujan, keadaan awan dan angin yang bertoleransi tepat.
Di Indonesia Mangga dapat tumbuh pada ketinggian 0-1000 m dpl, menurut Untung (1998) ketinggian yang ideal adalah 600 mdpl. Masa berbunga tanaman Mangga dipengaruhi oleh ketinggian tempat dari permukaan laut, hal ini beerhubungan dengan radiasi matahari yang dibutuhkan tanaman. Di Indonesia pada umumnya setiap kenaikan rata-rata 130 m dimana Mangga ditanam, maka masa pembungaan tertunda selama 4 hari.(AAK,1991)
Tanaman Mangga memerlukan temperatur yang panas menjelang pembungaan, karena temperatur tersebut mencegah pertumbuhan vegetatif dan mendorong pertumbuhan reproduktif. Temperatur untuk tanaman Mangga lebih kurang 24 oC-27 oC, pada suhu tersebut pertumbuhan vegetatif dan hasilnya cukupbaik, suhu yang dapat ditoleransi adalah 28 oC-30 oC (Untung, 1998)
Keadaan volume curah hujan juga akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman Mangga dan proses produksi pembentukan bunga dan buah. Persentase curah hujan setiap tahun secara alami sangat penting pengaruhnya terhadap proses pembungaan, sebab masa primordia bunga akan terjadi setelah musim hujan. Curah hujan yang dapat ditolerir untuk pertumbuhan dan perkembangan mangga berkisar antara 700 -2500 mm/ tahun. Ciri khas lain pada tanaman mangga yaitu angat tahan terhadap kekeringan, malahan kondisi inilah yang diinginkan. Kondisi kering yang masih dapat ditolerir adalah 2-6 bulan. (Pracaya,1995)
Di daerah dengan curah hujan yang tinggi tanaman mangga tidak dapat berbuah maksimal, beberapa jenis tanaman Mangga gagal berbunga pada saat cuaca lembab malam hari, berawan dan terjadi tetesan air embun pada bunga Mangga, sehingga mempercepat serangan penyakit.
Menurut (AAK,1998) Curah hujan diluar batas toleransi akan berakibat kurang menguntungkan terhadap tanaman Mangga, diantaranya adalah :
1. Curah Hujan akan mencuci butir-butir tepung sari, akhirnya tepung sari tersebut jatuh.
2. Hujan yang terlalu lebat bisa menyebabkan luka pada permukaan tubuh bunga sehingga bisa mengakibatkan bunga rontok.
3. Volume curah hujan yang tinggi mengakibatkan udara menjadi lembab, sehingga memudahkan serangan hama penyakit.
4. Selama hari-hari hujan, serangga penyerbuk tinggal diam bermalas-malasan, praktis mereka tidak dapat melakukan penyerbukan

admin : Ahmad Sanusi

About these ads

18 pemikiran pada “PEMBUNGAAN TANAMAN MANGGA

  1. Keterangan yang baik tapi tidak disebutkan berapa kali pohonnya berbuah dalam setahun?

    Dirumah saya pohon mangga Gadung yang rasanya manis sejak pentil berbuah terus menerus nonstop selama setahun dengan Kilat buatan modern.
    Dalam percobaan Modern ini saya ingin tahu berapa lama umur mangga ini bisa hidup, percobaan ini bersama pohon Advocado sudah berjalan 20 tahun, sejak saya pulang dari Germany.

    • dibeberapa daerah seperti di SUMUT,masa berbuah mangga ada yang hampir terus menrus sepanjang tahun. mangga tersebut dekat pekarangan dan selalu dekat sumber cahaya, hipotesa saya, stress cahaya juga merangsang pembungaan mangga.

      • pak sanoesi sebutkan donk pertumbuhan pohon mangga dari bibit menjadi tunas dan bertbuah

        dari awal ya pak

        tlong di blas skarang

  2. Ditempat saya banyak ditanam pohon NEEM tentunya serangga hampir tidak ada tapi perkawinan pohon mangga ini terjadi karena angin yang cukup, bila tidak ada angin berhubung bukan musim rontok maka saudara harus pasang kipas angin raksasa apabila anda tidak mau naik tangga yang tinggi untuk perkawinan ini, make sure use alcohol 91%, sterilsasi alat alat anda.

  3. Membicarakan pupuk Phophor tidak perlu jumlahnya banyak bila anda memakai Kilat buatan , begitu pula pupuk N.
    Keduanya ini dipergunakan tujuan mempertumbuh akar dan daun lebih lebat\sehat sehingga pohon dapat bertumbuh lebih tinggi bila mempunyai akar yang kuat/ besar. Dengan pengiritan pupuk N dan P kita lebih eknomis lain kali saya akan bicarakan mengenai pupuk K pada buah mangga.

  4. Pupuk K-Mag dipakai di China berlebih lebihan itu sebabnya buah maupun sayur sayuran China beasar kwalitet atau bentuknya melebihi buah atau sayur yang asli, Pupuk K-Mag ini memperlancar proses day penggulaan ke tepung yang adanya di daun mempertumbuhkan/ menghasilkan pebuahan yang kwalitet primo, perlu saya terangkan disini untuk pohon Jabon yang bayi tidak perlu K-Mag sebelum satu tahun, tapi pupuk N dan P sangat diperlukan untuk pertumbuhan akar dan daun, nah sekian dahulu soal ekonomi pertanian maupun perkebunan Jabon maupun Mangga Gadung (khususnya), syukur bila saudara A S Sanoesi akan membincangkan persentage dan ekonomi Pasaran- Pupuk untuk melengkapi keterangan saya ini menjadi lebih sempurna.

  5. Saya ada di Tampa, Florida saat ini mencari bibit Jabon dan Neem bila anda berminat dapat pesan dari saya karena sebentar lagi saya akan pulang ke Northridge, California tempat tinggal saya dan pada tanggal 9 Agustus 2010 ada LAB meeting di Los Angeles

    • Musim berbunga pada Mangga anda di Jawa Timur di-kontrol oleh alam tapi pada keterangan yang baru saya jelaskan bahwa sejak 1961 percobaan pertama “NU-ion” di Jakarta\PasarMinngu bunga maupun buah pohon mangga dan rambutan atau buah lain lainnya tidak ada limitnya berarti manusia yang kontrol tanaman tsb bukan alamiah. Yamg hanya perlu diperhatikan diproses ini adalah pengairan dan berapa % pupu jenis K yang harus membantu proses pembuahan Mangga Gadung tsb, dikebun saya. Sekarang anda dapat mengatur atau mengontrol tanaman dengan komputer Softwear made in US dari JJElectronics Co. Ca 91325.

  6. Dengan alat JJElectronics Yang disebut “Green Power NU-tron” tidak terbatas n kali berbuah mangga dikebun saya terus nyambung hanya istirahat 2 sampai 3 minggu, waktu ini dipakai untuk masaknya buah yang baru dan setelah siap dipetik walaupun warna kulit mannga tsb masih hijau tapi dalamnya sudah manis (berarti sudah matang) waktu tsb adalah yang terbaik sebelum buah yang sudah berwarna kuning atau merah dimakan codot atau burung, pula jangka waktu lama untuk shipment ke luar negeri dengan kapal express. Yang perlu diperhatikan di proses ini and lebih baik mempergunakan Satelite-irigasi untuk control air diladang anda sehingga tidak terlalu kering bila ini terjadi maka bunganyapub rontok atau sambung gagal.Mengenai Green Power NU-tron akan diterangkan dan anda dapat lihat di Jakarta nanti bila anda bertemu dengan Pameran Tanam Mangga Modern. Anda dapat penjelasan yang lebih jelas dengan kirim E-mail ke JohnJosephMS@Yahoo.com.

  7. Mango name Gadung is the best also has the highest price and very sweet since it is young (not ready to eat), if this is true then its good to export to USA we never talk a bout it because the only we can find the seed in Jember (East of Java) need to be reseach is it just because the land or it has specialty family.

  8. Proses Berbuah mangga Gaung setelah berbunga,sering kali gagal proses pembuahan karena serangga sepert tawon dan burung atau apa saja yang menimbulkan ke gagalan di kebun mangga Gadung saya tanami pohon Neem (Lihat di Google/ Internet) ini mengusir segala macam serangga atau kutu dan Bantuan proses Ion buatan berikut angin maka pembuahan nature, pembuahan alam ini memproduksi terus menerus berkat bantuan pupuk dan irigasi dengan GPS sprinkler dan matahari buatan dari lampu berwarna penggant ultra dan infra dari matahari maka pohon mangga Bonsai /pohon kerdil didalam Green house saya tidak berhent berbuah paling sedikit setiap kwartal. Ini semua produksi untuk percobaan di LAB JJ Electronics co di Amerika untuk menemukan berapa lama dapat hidup Pohon Mangga percobaan tsb dibanding degan secara organic yang hanya dapat berbuah 2 kali atau malahan hanya selali setahun..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s